Jumat, 29 Maret 2013

khasiat buah pisang

Pisang mempunyai  banyak manfaat yaitu mulai dari mengatasi masalah kecanduan rokok sampai masalah kecantikan. Selain buah dan daunnya, bagian pisang yang lain jarang dimanfaatkan oleh masyarakat dalam kehidupan. Seperti halnya batang, bonggol, kulit, dan lain sebagainya. Tetapi seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan
teknologi maka banyak bagian pisang lain yang dimanfaatkan oleh masyarakat. Berikut merupakan bagian pisang yang bisa bermanfaat dalam kehidupan:
Kulit pisang untuk semir sepatu
Dengan menggunakan kulit pisang kita dapat mengurangi pemakaian semir sepatu yang bahannya tidak alami yang lama kelamaan akan mengurangi kualitas dari sepatu.
Cara membuatnya bagian dalam dari kulit pisang diusapkan pada sepatu yang akan disemir. Setelah selesai bersihkan sisa kulit buah itu dengan menggunakan lap yang halus. Kandungan minyak yang terdapat dalam kulit pisang akan melembutkan dan mengawetkan kulit sepatu.
Bonggol pisang untuk obat dan makanan
Air bonggol pisang kepok dan kluthuk juga diketahui dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan penyakit disentri, pendarahan usus, obat kumur serta untuk memperbaiki pertumbuhan dan menghitamkan rambut. Sedangkan untuk makanan, bonggol bisa dimanfaatkan untuk urap dan lalapan. Namun ketika digunakan untuk obat, lebih baik jika sebelum meminumnya melafalkan bacaan basmalah.
Kulit pisang kepok untuk mengatasi kulit yang kering
Kulit pisang ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit yang kering. Salah satu diantaranya adalah kulit pisang kepok. Caranya setelah makan pisang kepok, kulitnya jangan buru-buru dibuang, gosok bagian dalam kulit tersebut ke kulit wajah biarkan beberapa saat kemudian. Basuh dengan air atau bisa dengan air hangat. Lakukan secara rutin dan sabar, maka anda akan melihat hasilnya.

3
 
Daun pisang untuk pengefisienan energi
Daun pisang selain praktis juga mudah didapat. Salah satu yang dapat pemanfaatannya adalah digunakan sebagi pembungkus makanan. Dengan menggunakan pembungkus dari daun kita bisa menghemat energi yang keluar dari plastik sebagai pembungkus makanan akan mengakibatkan pemanasan global.
Dari contoh-contoh pemanfaatan limbah dari tanaman pisang sebagai produk baru maka akan meningkatkan nilai jual dari limbah yang tadinya tidak berguna menjadi berguna.

1 komentar:

  1. terima kasih info by www.mjbsfmkutameuligou.blogspot.com ttd. Mas Anderla hp. 085270561973 email: mjbsfm2@gmail.com

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. al azmi magazine - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger