Jumat, 29 Maret 2013

LAB School Universal

Pendidikan yang memadai, merupakan gagasan banyak orang sebagai praktisi pendidikan yang biasanya seseorang menggagas pendidikan yang memadai atau dengan sebutan pendidikan berkualitas selalu berfikir coss nya tinggi, biaya mahal, butuh dana besar serta fasilitas yang serba ada. Ini secara wajar memang iya namun kita coba untuk menggagas pendidikan
berkualitas dan ideal dengan fasilitas yang kita punya tentu ini yang agaksulit, namun kita bisa mencoba fasilitas yang kita punya kita optimalkan fungsinya dan berbuat secara maksimal fungsional.

        Laboratorium universal suatu rekayasa laboratorium (tempat melaksanakan uji coba, praktek, pengkajian pengkajian dan melakukan penelitian). Mts negeri lengkong nganjuk mengembangkan asumsi dan mengembangkan ide untuk maksimalisasi fungsi sarana prasarana dengan berupaya fungsi pendidikannya dengan baik dengan pola membangun komitmen dengan seluruh masyarakat pendidikan yang ada di Mts negeri Lengkong dan wali murid yang pada intinya adalah pemahaman bersama tentang istilah universal tersebut. Dengan keterbatasan madrasah tsanawiyah negeri lengkong tersebut muncul ide kreatif bersama dengan istilah universal fungsional dalam mencapai tujuan pendidikan.
          Life school (hidup  untuk belajar) adalah pemahaman hidup untuk belajar agar dapat survive. Pendidikan ini menyediakan pola belajar untuk kehidupan anak dimasa yang akan datang dengan memberikan bekal professional dibidang yang memang dikuasai berdasarkan bakat yang ada pada dirinya. Sanitasi (kebersihan) merupakan salah satu bagian dari iman, jadi ini juga menjadi keharusan di madrasah sebagai bentuk life school sekaligus skill people. Bengkel keterampilan membatik seandainya diikuti benar maka  akan memiliki spesifikasi bidang membatik baik menjadi pengrajin batik maupun menjadi entrepreneur (juragan) batik. Radio life skill, keterampilan sebagai penyiar (broadcasting) juga dikembangkan dengan baik dengan laboratorium siar Al Azmin FM yang dalam frekuensi 94.7 MHz. Musik  modern yang dimiliki Mts Negeri Lengkong merupakan bagian dari lab school universal dengan Al-Azmin nada drumband, Al-Azmin Band, siswa akan bisa berlatih musik, olah vokal dengan spesifikasi musisi dan vokalis. Rebana juga sebagai bentuk musik islami masa kini yang secara tradisi merupakan jenis musik islam. Paduan suara melatih anak terampil untuk menyamakan persepsi dengan harapan memiliki dampak positif menyerasikan kata dan suara dengan orang lain. English club, diharapkan siswa dapat berbahasa inggris sehari hari dengan baik sebagai pengantar pola pembelajaran pada program unggulan dan akan dikembangkan pada program regular. Ini semua bentuk layanan dan merupakan pengembangan dari perluasan jangkauan lab school universal di bidang kokurikuler.
         Matrikulasi TIK, matrikulasi bahasa inggris, matrikulasi alqur’an, maka dengan demikian gambaran tentang lab school universal ini dalam gambaran dan gagasan sebagai terobosan lagika untuk mewujudkan sebuah impian yang dikarenakan impian tentang laboratorium dalam bentuk yang sesungguhnya belum bisa terlaksana dengan baik dalam waktu secepatnya sehingga kita menggagas lab school universal sebagai terobosan maksimalisasi fungsi laboratorium dalam keadaan yang sangat terbatas. Oleh : Ahmadi Yasin, M.Sy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. al azmi magazine - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger